Langsung ke konten utama

Teori Organisasi, Manajemen, dan Tata kerja

  1. Pegertian Organisasi
Organisasi adalah kesatuan (entity) social yang dikordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang ralatif dapat didefinisikan, yang
bekerja atas dasar yang relative terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
  1. Mangement dan Organisasi
Jika Organisasi memiliki suatu tujuan yang sama antar Kelompok maka Management adalah Semua bentuk organisasi dimana orang-orang bekerja bersama mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Manajemen diperlukan organisasi agar usaha pencapaian tujuan menjadi lebih mudah. Secara spesifik ada tiga alasan utama dibutuhkannya manajemen dalam organisasi, yaitu:
  • Mencapai tujuan, manajemen mempermudah pencapaian tujuan organisasi dan pribadi.
  • Menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan, manajemen menyeimbangkan tujuan-tujuan dan kegiatan-kegiatan yang saling bertentangan di antara pihak-pihak yang berkepentingan dalam organisasi (stakeholders) seperti pemilik, karyawan, konsumen, pemasok dan lain-lain.
  • Mencapai efisiensi dan efektifitas, efisiensi dan efektifitas merupakan ukuran prestasi organisasi.
  1. Mangement dan Tata Kerja
Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.
Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, disamping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
  1. a) Menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
  2. b) Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
  3. c) Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
Jadi hubungan antara manajemen dan tat kerja dapat dilukiskan seperti dibawah ini :
Manajemen : Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai factor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata Kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
  1. Manajement Organisasi dan tata kerja
Eratnya hubungan atau hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut :
  • Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
  • Organisasi : Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
  • Tata kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Dari konsep tersebut, jelaslah bahwa baik manajemen, organisasi maupun tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan.
        5. Pendapat
Dalam Hubungannya sendiri suatu Organisasi tidak dapat terlepas dari suatu Management dan Tata Kerja itu sendiri . dalam membentuk sebuah Organisasi pastilah akan memebentuk sebuah sistem Management dan Tata kerja organisasi . Sebuah Organisasi Membentuk management utk melakukan suatu proses kegiatan yang dilakukan pada suatu organisasi sedangkan sebuah Organisasi juga sangat membutuhkan sistem Tata Kerja utk dapat menjalankan Organisasinya.
      6. Refrensi
Sudarto S.,Akuntansi Manajemen,Jakarta, Universitas Gunadarma
Stephen P. Robbins, Teori Organisasi,Arcan.
https://sites.google.com/site/manajemendanorganisasi/

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilusi optik keren

Sorry ya guys kalau nomornya gak beraturan, soalnya juga di copas jadi maklum aja yaa, cuma buat share aja hehe Ini dia gambar-gambarnya : 1.Menghadap ke kiri atau ke kanan? 2.Coba tebak ada berapa tiang? 3.Bisakah anda Membuatnya? 4.Kemanakah tujuan orang2 ini? 5.Kemanakah arah mobil di bawah ini? 6. Yang mana yang atas, yang mana yang bawah? 7.Bagaimanakah bentuk jalannya? 8.Apakah Kesimpulannya? 9.. Apakah ini adalah gambar kapal laut atau pilar? 10. Apakah mereka adalah penonton atau gedung? 11. Berapa banyak kuda yang bisa anda temukan? Jika mata anda cukup tajam, anda seharusnya menemukan 12. Berapa banyak orang dalam gambar ini? 13. Cincin yang mustahil 14. Karpet hidup 15. Air terjun atau manusia terjun? 16. Ada lima ekor rusa yang bersembunyi di hutan Bisakah anda menemukannya? 17. Berapa pilar yang ada, tiga atau dua????????? Perhatikan pilar tengah. Dimanakah ujungnya? 18. Bisak...

MY FAVORITE PLATFORM APPS (IOS/ANDROID)

If you ask me what application I use often on my gadget, I will answer parallel space.  Parallel Space app Why parallel space?  Because this app can duplicate apps on our gadgets. And this is very useful for us who have more than one social media account.  For me personally, the use of this app is for me playing online game that is hits ie mobile legends.  Why am I using this app to play mobile legends?  Because I have multiple accounts in this game and it's complicated if I have to log into other accounts in one gadget. Because this game can only one account in one gadget. So if we want to switch to our other account we have to remove the game and reset our gadgets to the beginning. For me it is very troublesome. So this app is very useful to me. This application can be downloaded for free in the google play store. And this is how to use it

IMPLIKASI MANAJERIAL KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI

Sebab yang terjadi bila implikasi manajerial kepemimpinan dalam organisasi adalah akan menciptakan kepemimpinan yang baik karna adanya proses manajemen yang direncakan, karena induk dari sebuah perusahaan adalah pemimpin jadi bila pemimpinnya berkualitas maka perusahaan tersebut akan menjukukan kualitasnya. Sebaliknya jika pemimpinnya tidak kompeten maka perusahaan tersebut tidak mencapai nilai yang berkualitas.