- Pegertian Organisasi
bekerja atas dasar yang relative terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
- Mangement dan Organisasi
Manajemen diperlukan organisasi agar usaha pencapaian tujuan menjadi lebih mudah. Secara spesifik ada tiga alasan utama dibutuhkannya manajemen dalam organisasi, yaitu:
- Mencapai tujuan, manajemen mempermudah pencapaian tujuan organisasi dan pribadi.
- Menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan, manajemen menyeimbangkan tujuan-tujuan dan kegiatan-kegiatan yang saling bertentangan di antara pihak-pihak yang berkepentingan dalam organisasi (stakeholders) seperti pemilik, karyawan, konsumen, pemasok dan lain-lain.
- Mencapai efisiensi dan efektifitas, efisiensi dan efektifitas merupakan ukuran prestasi organisasi.
- Mangement dan Tata Kerja
Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, disamping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
- a) Menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
- b) Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
- c) Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
Manajemen : Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai factor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata Kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
- Manajement Organisasi dan tata kerja
- Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
- Organisasi : Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
- Tata kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
5. Pendapat
Dalam Hubungannya sendiri suatu Organisasi tidak dapat terlepas dari suatu Management dan Tata Kerja itu sendiri . dalam membentuk sebuah Organisasi pastilah akan memebentuk sebuah sistem Management dan Tata kerja organisasi . Sebuah Organisasi Membentuk management utk melakukan suatu proses kegiatan yang dilakukan pada suatu organisasi sedangkan sebuah Organisasi juga sangat membutuhkan sistem Tata Kerja utk dapat menjalankan Organisasinya.
6. Refrensi
Sudarto S.,Akuntansi Manajemen,Jakarta, Universitas Gunadarma
Stephen P. Robbins, Teori Organisasi,Arcan.
https://sites.google.com/site/manajemendanorganisasi/
Komentar
Posting Komentar